h1

Hatsune Miku Project Diva

July 3, 2009

project-diva-01
Sudah beberapa hari ini saya disibukkan dengan kegiatan yang bernama Ujian Akhir Semester, tetapi khusus untuk beberapa hari terakhir ini saya disibukkan dengan kegiatan lain yang lebih menyenangkan dan menghibur hati seorang roricon seperti saya ini, sebuah game PSP yang terfokus pada Hatsune Miku (初音ミク), karakter dari software Singing Synthesizer yang bernama Vocaloid, buatan Yamaha Corporation, game ini sendiri dibuat oleh SEGA.

Part of the opening movie

Part of the opening movie

Game ini dirilis tanggal 2 Juli 2009 (kenapa saya bilang saya telah bermain beberapa hari itu tolong jangan terlalu dipikirkan :P) kemarin, dan saya juga mendapat informasi dari berbagai sumber bahwa pre-order untuk game ini banyak yang sudah sold-out. Memang penggemar berat Miku sudah banyak sekali, saya sendiri baru akhir – akhir ini mulai mendengarkan dan ketagihan lagu – lagu original dengan vocal yang diisi oleh karakter – karakter dari Vocaloid Character Series, dengan sumber terbesarnya dari nico nico douga (bisa terlihat dengan jelas hubungannya dengan post – post saya sebelumnyaww). Saya menjadi sangat termotivasi untuk memainkan game ini setelah melihat artikel berikut ini karena dalam daftar lagu tersebut ada beberapa lagu Miku favorit saya.

Game nya sendiri menurut saya sangat bagus, sebuah rhythm game dengan background PV yang MOE, “it doesn’t get any better”. Lagu – lagunya juga bagus – bagus, dengan berbagai artist yang karya – karya nya yang menggunakan Vocaloid sudah cukup terkenal seperti supercell, kz, OSTER project, dll. Sebagai seseorang yang pernah bermain rhythm game dengan cukup serius pada zaman dulu kala, untuk saya tingkat kesulitan di game ini tidaklah terlalu sulit, menurut saya pribadi rata – rata lagu dengan difficulty Hard bisa dimainkan dengan tidak terlalu kewalahan (kecuali untuk beberapa lagu tertentu ^^;). Dari sisi grafik, game ini sudah “delivers”, dan juga banyak fitur – fitur lain yang menarik untuk di unlock dan/atau di eksplorasi, seperti berbagai kostum yang tersedia, “stalking mode” dan “rhythm editor”.

Some of the costumes

Some of the costumes

Secara keseluruhan, game ini sangat bagus, baik untuk orang – orang yang ingin mencari game – game dengan genre rhythm, atau ingin mendengarkan musik – musik original dengan vocal dari Vocaloid, atau orang yang ingin melihat Hatsune Miku Cosplay, atau orang – orang ronery. Jika saya memberikan rating dengan skala antara 1 – 10 untuk game ini, maka saya akan memberikan game ini nilai 9.8, game ini sudah nearly perfect, hanya kurang banyak lagu nya saja :P, dan satu hal yang cukup mengecewakan saya adalah lagu “SETSUNA” muncul di game, tetapi tidak sebagai playable song, tetapi hanya sebagai lagu background di “stalking mode”, padahal ini adalah salah satu lagu favorit saya T_T.

Berikut adalah video – video gameplay Project Diva :
Miku Project DIVA Gameplay [World Is Mine]

Marginal – Hatsune Miku Project DIVA

Berikut adalah video – video dari hasil editan orang di “rhythm edit mode” :
【初音ミク】ブラック★ロックシューターをEDITしてみた【Project DIVA】

【初音さん】PSPでもウマウマしたいの巻【Diva】

【初音ミク】エディットでImaginary affair【Project DIVA】

Beberapa sumber lain :

Note :

  • Di http://projectdiva.wikispaces.com/ terdapat banyak guide dan informasi – informasi lainnya mengenai game ini, disana juga terdapat menu guide untuk yang kebingungan dengan menu game ini yang berbahasa Jepang :D.
  • Saat ini saya sedang berusaha mengunlock swimsuit.
  • PSP saya pinjeman wwwwwwww.
Leave a Reply

